Latest Entries »

Bayu Skak Poor Boy

Advertisements

10 Pemain Basket Terpendek Di Dunia

1. Terrell Brandon (179 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Terrel Brandion adalah pemain Cleveland cavaliers di era tahun 90 an, walaupun tingginya tak samapi 180 cm, tapi ia tetap bisa terpilih sebagai pemain All Star di tahun 1996 dan 1997. Ia bahkan mendapatkan predikat The best poin Guard di tahun 1997.

2. Damon “Mighty Mouse” Stoudamire (178 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Ia adalah pemain legendaris Toronto Raptors, ia memulai karirnya di tahun 1995 dan langsung mendapat anugrah NBA Rockie of the Year di tahun 1996. penampilanya yang gemilang dengan mencetak rata-rata 19 poin per game membuatnya menjadi salah satu pemain mini terhandal.

3. Avery “Little General” Johnson (178 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Dia adalah pemain Denver Nuggets, Houston Rockets, Golden State Warriors, dan Dallas Mavericks. Ia paling dikenal untuk musimnya dengan San Antonio Spurs. Ia dikenal atas bantuannya dalam memenangkan NBA Championship 1999 melawan New York Knicks setelah mencetak tembakan terakhir di Game 5.

4. Michael Adams (178 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Di kelas Rockie Sacramento King, ia hanya dapat mencetak rata-rata 2,2 poin per game, tapi begitu terjun ke NBA pro di Denver Nuggets, ia berhasil mencetak rata-rata 26,5 poin dan 10,5 assist per game.

5. Calvin Murphy (176 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Calvin Murphy adalah seorang penjaga untuk Houston Rockets selama 1970-1983. Meskipun dengan tinggi badannya yang hanya 176 cm, ia berhasil mencetak 1.022 poin sepanjang 17.949 selama kariernya. Pada tahun 1971 ia bagian dari NBA All-Rookie Team, dan pada tahun 1979 ia berada di NBA All-Star Team.

6. Nate Robinson (176 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Nate Robinson bermain untuk New York Knicks. Dia bermain di NBA Draft 2005 21. Phoenix Suns mengangkatnya tapi dia setelah dijual ke New York Knicks. Selama 2006 All-Star Weekend, Robinson memenangkan Sprite Rising Stars Slam Dunk Contest. Yang terbaik adalah ketika ia dunk melompati Spud Webb dan mendapat nilai sempurna 50.

7. Wataru “Kilo Wat” Misaka (171 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Wataru Misaka adalah salah satu dari sedikit pemain terkenal NBA Asia. Meskipun ia sekarang sudah pensiun, ia juga dikenal sebagai pemain Asia pertama dan sebagai pemain non-Kaukasia pertama yang menjadi bagian dari NBA Wataru memiliki karir yang sangat singkat (1947-1948), dan ia hanya mampu bermain 3 game sebelum dipotong dari tim.

8. Anthony “Spud” Webb (170 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Anthony Webb berdiri sebagai pemain terpendek ketiga untuk menjadi bagian dari NBA. Setelah menghadiri Midland College dan North Carolina State University, ia draft ronde 4 memilih bermain untuk Detroit Pistons di tahun 1985 Draft. Pada tahun 1986, Webb memasuki NBA Slam Dunk Contest, dan meskipun terpendek, memiliki lompatan tertinggi dari 42 inci, dan ia pun memenangkan kontes.

9. Earl Boykins (165 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Earl Boykins adalah pemain terkecil kedua yang pernah berada di NBA. Meskipun kedua terkecil, ia berdiri sebagai pemain yang paling ringan. Ia terkenal karena ia mencetak teknik setelah ia mampu mencetak 32 poin dalam permainan pada tanggal 11 November 2004. Dia juga bermain untuk LA Clippers, Golden State Warriors, Milwaukee Bucks, Charlotte Bobcats, dan banyak lainnya. Hari ini, Boykins bermain untuk Washington Wizards.

10. Tyrone “Muggsy” Bogues (160 cm)
http://hermawayne.blogspot.com
Lahir dan dibesarkan di Baltimore, MD, Tyrone Bogues adalah orang terpendek yang pernah bermain di NBA. Meskipun hanya 5’3 “, dia menggunakan tinggi badannya sebagai kelebihan dengan menjadi yang sering menerobos pemain lawan yang berbadan tinggi. Ia mampu bermain untuk Hornets selama 10 tahun dan menjadi salah satu pemain tim yang paling populer. Dia benar-benar dianggap sebagai lawan yang tangguh dan mini.

1. Michael Jordan
Gue yakin semua setuju dengan pilihan gw satu ini. Semua pasti setuju Jordan merupakan salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa.
Lahir pada 17 Feb 1963, Pemain dengan julukan “Air Jordan” ini terlah berhasil membawa tim nya Chicago Bulls menjuarai NBA sebanyak 6 kali (1991, 1992, 1993, 1996, 1997, 1998).
Mempertahankan posisi juara sampai 3 musim berturut-turut pasti gak gampang, gak banyak tim NBA yang bisa seperti ini. Ia berhasil membuat “three-peat” pada thn 1991,1992 dan 1993, yang kemudian harus berahir karena ia pensiun dari basket dan mencoba bermain BaseBall. Namun ahirnya kembali lagi pada thn 1995 yang ahirnya berhasil membuat “thee -peat” lagi dengan membawa Bulls kembali juara pada tahun 1996, 1997 dan 1998.
Untuk award pribadinya juga banyak banget, diantaranya 5 kali sebagai MVP regular , 6 kali MVP Final, 3 kali MVP All-Starts, 2 kali merebut mendali emas dalam olympiade, dll, dll *masih banyak lagi…kebanyakan kalo ditulis disini :)
2. Hakeem Olajuwon
Pasca ditinggalnya Jordan untuk “pensiun sementara”, ajang NBA didominasi oleh pemain ini. Pemain yang bernama asli Akeem Abdul Okajuwon dan lahir 21 January 1963 adalah salah satu pemain NBA yang beragama muslim. Karena ia sudah Haji sehingga didepan namanya ditambahkan H, lalu selanjutnya orang jadi lebih mengenal dia sebagai Hakeem.
Nama julukan nya adalah “Hakeem the dream”
Yang membuat ia menjadi yang terbaik adalah selain pernah membawa clubnya Houston Rocket menjuarai NBA dua kali berturut-turut (1994 dan 1995) dan menjadi MVP Final pada kedua tahun tersebut, ia juga merupakan pemain center yang cerdas. Yang teringat dibenak gue adalah bagaimana dia sebagai center tidak selalu menggunakan kekuatan fisik (baca:otot) seperti halnya Shaquille O’Neal pada saat itu, namun Olajuwon melakukan banyak gerak “tipu” menggunakan pivot yang sempurna dan turn-around shot.
Pada musim 93-94, Ia menyabet tiga award sekaligus dalam satu musim yaitu NBA’s MVP(regular season), Defensive Player of the Year dan Final MVP awards. Sebenernya masih banyak lagi award yang dia dapat, tapi gue lupa :)
Hal lain yang membuat gue kagum dengan Okajuwon adalah ia merupakan muslim yang taat. Sempat diberitakan bahwa jika bulan ramadhan, ia selalu tetap berpuasa walaupun saat itu ia harus bermain untuk teamnya. Hebat kan?
3. Scottie Pipen
Pemain dengan nama lengkap Scottie Maurice Pippen ini merupakan team mate dari Michael Jordan ketika membawa Chicago Bulls juara NBA sebanyak 6 kali.
Banyak yang mengganggap bahwa Pippen selalu berada dibawah bayang-banyak Jordan.
Memang ada benarnya sih, terbukti ketika ditinggal oleh Jordan, memang Pippen yang selalu mencetak point tertinggi untuk Bulls namun tetap tidak bisa membuat Bulls menjadi juara.
Tapi gue tetap menganggap Pippen salah satu pemain terbaik. Coba dibalik pemikirannya, kira-kira jika tidak ada Pippen, apakah Jordan juga bisa membawa Bulls menjadi juara 6 kali. Belum tentu juga kan? Karena jelas kontribusi Pippen sangat besar untuk Jordan dalam membuat Bulls berhasil juara.
Pipin terkenal sebagai bermain bertahan terbaik. Selain ia mengantongin 6 kali cicin juara NBA, Pippen juga pernah terpilih 8 kali sebagai NBA All-Defensive player, 3 kali All Star First Team, 1 kali MVP All star dan ia juga pemegang rekor pemain paling banyak bermain di babak play-off
4. Tony Kukoc
Mungkin banyak yang gak setuju kalo dia termasuk permain terbaik pilihan gue. Tapi menurut gue, dia termasuk yang terbaik. Dan selain itu mungkin karena nomer punggungnya dia sama denga gue, yaitu 7 :)
Sebelum di NBA, sebenernya Kukoc sudah terkenal di negaranya, Kroasia. Bahkan namnya juga cukup terkenal di basket ball Eropa. Kukoc sempat membawa timnya Jugiplastika Split menjuarai Euroleague 3 kali berturut-turut.
Dia punya nama julukan yang cukup banyak, diantaranya “the white magic” atau “the European Jordan” dan ketika dia sudah di NBA , ia dikenal sebagai “the Croatian Sensation”.
Kukoc bermain untuk Bulls pada saat Jordan pensiun yaitu 1993. Dia bersama Pippen menjadi kekuatan Bulls baru sepeninggalan “Air Jordan”. Sebenernya cukup baik, namun sayangnya belum dapat membawa Bulls untuk juara saat itu.
Akan tetapi Kukoc ikut andil dalam “thee -peat” kedua Bulls yaitu menjuarai NBA pada 1996, 1997, 1998 dan Ia terpilih sebagai NBA Six Man of the Year saat itu.
Kelebihan Kukoc adalah dia bisa bermain di semua posisi, walaupun kadang gerakannya terkesan lambat, tapi ia tetap bisa melakukan hal-hal “ajaib”
5. Charles Barkley

Pemain dengan nick name “Sir Charles” ini merupakan salah satu pemain terbaik. Awal kariernya adalah sebagai pemain Philadelphia 76ers. Tapi gue gak pernah liat sepak terjangnya disana, hanya baca story nya saja. Gue mengetahui Barkley ketika dia bermain untuk Phoenix Sun.
Barkley sempat membawa Phoenix Sun ke Final NBA pada tahun 1993 melawan Jordan dan Chicago Bulls. Pada tahun itu juga Barkley meraih MVP musim reguler dan pada Final 1993 tsb, dan Barkley tercatat membukukan triple-double selama game final.
Dia juga memperkuat dream team dan meraih mendali emas pada tahun 1992 dan 1996
Sayangnya dia berada diwaktu yang salah saja, disaat masa keemasannya saat itu juga ada Michael Jordan sehingga dia tidak merasakan sebagai Juara NBA. Tapi tetap, dia termasuk pemain terbaik menurut gue
6. Reggie Miller
Sosok Reggie Miller sebenernya agak terlihat sedikit “aneh”. Badanya kurus banget dan gigi tajem-tajem. Tp pemain ini terkenal banget dengan 3-point shooting-nya dan seringnya pada saat-saat genting. Bahkan yang extreme nya, dia juga sering menembak agak jauh sedikit dari garis 3-point tsb.
Sebenernya Reggie ini terlahir dengan bentuk kaki yang cacat, sehingga menyebabkan ia tidak bisa berjalan dengan benar. Ketika kecil ia berjalan memakai alat penguat di kedua kalinya sampai ahirnya cukup kuat untuk mengimbangi badannya. Gak menyangka ahirnya dia bisa jadi salah satu pemain terbaik NBA.
Satu moment yang gak terlupakan adalah ia pemain yang pernah mencetak 8 point dalam waktu 8,9 detik. Bayangkaaaaaan…..hanya 8,9 detik. Coba bayangkan sekali lagi…:)
Ini terjadi pada Game1 Eastern Conference semifinals ketika Pacers melawan NY Knicks. Saat itu posisi Pacers kalah 107-105 dengan waktu tersisa 16,4 detik. Dan Miller berhasil membalikan keadaan dan ahirnya Pacers menang.
Reggie juga sempat membawa Pacers ke FINAL NBA tahun 2000, tapi sayangnya kalah oleh Lakers 4-2 pada saat itu.
7. Kobe Bryan
Setelah era Jordan, setiap ada pemain bagus pasti akan selalu dibandingkan dengan Jordan. Atau selalu saja akan dipertanyakan apakah orang tersebut bisa sebagai the next air jordan. Awalnya nama-nama seperti Grant Hill atau Vince Carter sempet melambung namanya, namun ternyata kedua nama tersebut bersinarnya tidak terlalu lama.
Nah Kobe Bryan lah menurut gue yang cocok dibilang sebagai the next air jordan. Walaupun Kobe sendiri tidak mau kalo dia disebut sebagai the next air Jordan.
Kobe banyak membuat rekor rekor baru di NBA.
Kobe pernah mencetak 81 point didalam 1 game, ini merupakan rekor angkar terbanyak kedua setelah Wilt Chamberlain yang bisa mencetak 100 poin dalam 1 game
Kobe juga memegang rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah NBA yang mampu mencetak angka sebanyak 24.000 dalam usia 31 tahun 75 hari
Pada tanggal 1 Februari 2010, Kobe Bryant mencetak 44 angka untuk menjadi top skorer sepanjang masa Los Angeles Lakers
….Dan masih banyak lagi :)
Kobe berhasil membawa Lakers three-peat pada 2000, 2001, 2002 bersama dengan Shaq. Banyak yang bilang Lakers menang karena Shaq semata. Namun Kobe membuktikan bahwa itu gak sepernuhnya benar. Tanpa Shaq, Kobe berhasil membawa Lakers kembali menjuarai NBA pada tahun 2009
8. Dwyane Wade

9. LeBrown James
10. Tim Duncan

Bagi yang memiliki hobi main basket, pasti yang dibutuhkan adalah sepatu khusus untuk main basket. Namun harga sepatu tersebut bervariasi tergantung perusahaan yang memproduksinya. Selain itu harga ditentukan oleh sejauh mana sepatu tersebut digunakan pemain basket terkenal selama ini.

Harga dari sepatu basket yang diproduksi oleh Adidas dan Nike dengan mudahnya melewati $100 atau setara dengan Rp 960.000, mungkin itu terlalu mahal untuk pemain basket pemula, namun jika terlalu cinta terhadap permainan basket apa boleh buat, berapapun harganya pasti dibeli. Apakah anda percaya bahwa masih ada sepatu basket dengan harga Rp 240 juta, berikut 10 sepatu basket termahal di dunia.

Paling mahal di dunia, Air Jordan I, harga Rp 240 juta (images: Gettoptens)

 10. Nike Air Force I

Nike Air Force 1, harga Rp 24 juta (images: Gettoptens)

Versi sebelumnya dari bentuk sepatu ini memiliki harga sekitar $100 (Rp 960.000), namun yang baru dengan mudah memiliki harga jual $2500 (Rp 24.000.000).

9. Nike Air Force 1 Men Shoe

Nike Air Force 1 Men Shoe, harga Rp 24 juta (images: Gettoptens)

Hanya 12 pasang sepatu ini yang dirilis pada tahun 2004. Satu orang yang paling terkenal yang memiliki pasangan sepatu ini adalah LeBron James. Harga sepatu ini mencapai $2500 (Rp 24.000.000).

8. Air Jordan Xi

Air Jordan Xi, harga Rp 25.92 juta (images: Gettoptens)

Perancang sepatu ini adalah Tinker Hatfield, dia ingin Michael Jordan memakai sepatu ini dalam salah satu pertandingan. Sepatu ini didesain dengan daya tahan yang kuat dan serat karbon. Harga sepasang sepatu ini mencapai $2700 (Rp 25.920.000).

7. Adidas Golden KB8 Selection

Adidas Golden KB8 Selection, harga Rp 28.8 juta (images: Gettoptens)

Sepatu ini benar-benar sangat mahal yang diluncurkan oleh Perusahaan Adidas pada tahun 1998. Carzy 8, menjadi panggilan untuk sepatu ini. Tapi karena beberapa alasan sepatu ini tidak laku di pasaran. Harga sepatu ini mencapai $3000 (Rp 28.800.000).

6. Air Jordan III

Air Jordan III, harga Rp 43.2 juta (images: Gettoptens)

Apa yang membuat sepatu ini berbeda dengan seri lainnya, fakta bahwa sepatu ini dibuat menggunakan desain logo terbaru oleh Nike Air. Michael Jordan pernah beberapa kali menggunakan sepatu ini dalam beberapa pertandingan. Harga sepatu ini mencapai $4500 (Rp 43.200.000).

5. Air Jordan VI

Air Jordan VI, harga Rp 69,12 juta (images: Gettoptens)

Fitur utama yang membuat sepatu ini begitu menarik adalah kombinasi warna dan bahan yang digunakan dalam pembuatan desain sepatu basket langka ini. Karena jumlah yang terbatas, harga sepasang sepatu ini adalah $7200 (Rp 69.120.000).

4. Jordan I

Jordan I, harga Rp 76,8 juta (images: Gettoptens)

Sebagian besar situs web salah menyatakan bahwa desainer sepatu ini adalah Tinker Hatfield. Tetapi dalam kenyataannya, orang yang mendesain sepatu ini adalah Peter Moore. Pasangan sepatu ini dirilis pada tahun 1985 dan hanya beberapa orang yang mampu memiliki sepatu ini. Sepatu ini dibuat menggunakan warna-warna yang cocok dengan seragam tim Chicago Bulls. Harga sepatu ini mencapai $8000 (Rp 76.800.000).

3. Air Jordan V

Air Jordan V, harga Rp 96 juta (images: Gettoptens)

Dari segi desain tampak sepatu ini seperti memodifikasi Air Jordan IV, tapi pembuat mengkalim agar berbeda. Seperti banyak sepatu basket yang mahal, pasangan sepatu ini tidak dijual pada tingkat surat resmi. Harga sepatu ini sekitar $10,000 (Rp 96.000.000).

2. Nike Air Mag I

Nike Air Mag I, harga 115,2 juta (images: Gettoptens)

Sepatu ini seperti sepatu masa depan saja. Fitur yang menarik dari sepatu ini adalah desain mesh dan gaya yang digunakan dalam proses manufakur. Pertama diproduksi pada tahun 1989, sepatu ini juga ditandatangani oleh Michael j Fox. Jadi harga sepatu ini mencapai $12,000 (Rp 115.200.000).

1. Air Jordan I

Air Jordan I, harga 240 juta (images: Gettoptens)

Sepatu basket paling mahal di dunia jatuh pada Air Jordan I, sebuah sepatu dengan desain yang menawan dan sudah ditandatangani oleh Michael Jordan. Sepatu ini hanya di jual pada beberapa lelang tinggi saja. Tetapi sebagian besar penggemar sepatu ini setuju bahwa harga sepatu ini hampir $25,000 (Rp 240.000.000).

Passing
Passing atau operan adalah memberikan bola ke kawan dalam permainan bola basket, jikalau memberikan bola ke lawan dalam permainan bola basket itu namana Passtoll (passing tolol).. ehehehe
Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.

Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap boka di depan dada.

Jenis Jenis Passing (no 1-3 adalah jenis passing standar).
1.Bounce Pass
2.Chest Pass
3.Overhead Pass
4.Baseball Pass
5.Jump Pass
6.Blind Pass
7.Behind the back pass
8.Elbow Pass

1. Bounce Pass
sesuai namanya, bounce.. artinya memantul. maka bounce pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara dipantulkan ke tanah. teorinya adalah memantulkan ke tanah dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke target kawan.

2. Chest Pass
lagi lagi sesuai namanya, Chest.. artinya dada (bedakan dengan breast, walo sama sama dada, tapi beda bayangannya ya..). chest pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara di passing tepat diarah depan dada. kelebihan chest pass adalah lebih cepat, lebih kuat untuk mencapai kawan. cocok untuk team dengan tipe quick passing.

3. Overhead pass
lagi lagi lagi sesuai namanya, overhead.. artinya diatas kepala. overhead pass adalah memberikan passing ke kawan dengan memegang bola diatas kepala, lalu lemparkan. overhead pass biasa digunakan pada team dengan tipikal wall center. maksudnya center maupun pemain dengan badan tinggi yang memiliki matchup lawan yang lebih kecil. maka overhead pass sangat berguna.

4. Baseball Pass
passing yang jika dilihat caranya mirip dengan orang melempar bola baseball ataupun bola rugby. biasanya digunakan untuk long passing dalam fastbreak.

5. Jump Pass
nah lo.. passing sambil loncat??? gimana maksudnya ya.. hehhe. maksudnya adalah gini, mungkin pernah lihat pemain yang seperti akan melakukan shooting jump shoot, namun tiba tiba dia memberikan passing ke kawan. teknik ini sangat tidak dianjurkan, karena biasanya akan terkena blok, tercuri, maupun salah passing yang mengakibatkan turnover.

6. Blind Pass
sesuai namanya lagi.. blind alias buta, so blind pass bisa disebut juga sebagai no look pass. bisa di cek cara bermain Magic Johnson, John Stockton, Steve Nash, sering tu no look pass mereka.

7. Behind the Back Pass
namanya keren ya, passing ke belakang. ya sesuai namanya passing ini diberikan kepada kawan dibelakang kita tanpa kita harus memutar tubuh. jadi passing sambil membelakangi kawan.

8. Elbow Pass
passing tingkat sulit, memberikan passing menggunakan sikut. gmana caranya ya? ya namana aja tingkat sulit.. ya sulit lah.. haha.
biasa diperagakan dalam freestyle basketball. namun dalam basket resmi, passing model ini sangat riskan.

Selanjutnya cara melakukan latihan teknik Pivot. Pivot adalah gerakan membawa bola dengan cara jalan memutar tubuh ke segala arah dengan poros satu kaki sebagai sumbunya. Tujuan gerakan pivot adalah untuk menghindari sergapan lawan.
Cara melakukan latihan pivot adalah sebagai berikut:

  1. Sikap awal berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu, bola dipegang dengan dua tangan di depan dada.
  2. Putar badan ke depan atau ke belakang dengan melangkahkan satu kaki baik kaki kanan atau kaki kiri ke depan atau ke belakang sesuai dengan kebutuhan. Gerakan kaki lainnya menyesuaikan dengan kaki gerak dan berat badan pada kaki poros.
  3. Pandangan ke arah teman dengan tujuan agar lebih fokus jika akan melakukan operan atau passing lanjutan.

Demikian sekilas tentang cara melakukan latihan teknik lay up dan teknik pivot bola basket yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Komentar serta kritik saran saya nantikan untuk perbaikan tulisan di blog ini. Terima kasih

Pertama yang harus diperhatikan dalam bermain basket adalah drible bola. Drible adalah teknik dasar dalam bermain basket, oleh karena itu kita harus benar-benar menguasai teknik drible yang baik. Berikut ini hal yang harus diperhatikan cara mendrible bola basket yang baik.

Ball position adalah posisi bola pada tangan kamu. Tujuannya adalah agar tangan kamu terbiasa dengan bola basket sehingga bola dapat mudah dikontrol.

Cara men-dribble bola :

1. Posisi jari jangn terlalu menyempit atau melebar. Bukalah jari kamu dengan sewajarnya. Yang paling penting, jari-jari kamu nyaman berinteraksi dengan bola
2. Tangan harus rileks
3. Rasakan seakan-akan bola bola dan tangan menjadi 1 kesatuan.
4. Pantulkan bola ke lantai.
5. Lalu, bola tangakap kembali.
6. Rasakan dari irama pantulan bola.
7. Kontrol irama bola dengan pergelangan tangan melalui jari-jari kamu.

Lakukan latihan secara teratur insyaallah anda dapat mendrible bola basket dengan baik.

“SELAMAT MENCOBA”

Blog at WordPress.com.
[ Back to top ]